Indovel.com – Jambi adalah salah satu dari provinsi yang terletak di bagian tengah dari Pulau Sumatera. Posisi yang sangat strategis di pesisir timur dari pulau Sumatera menjadikan Jambi sebagai tempat dengan literasi kuno cukup lengkap dengan sejarah perkembangan kerajaan Melayu. Bahkan, nama Jambi juga terdapat pada berbagai tulisan kuni hingga prasasti yang sangat terkenal hingga kerajaan Tiongkok.

Provinsi ini tidak hanya dikenal sebagai wilayah dengan sejarah Melayu yang mengagumkan. Kamu juga bisa menjadikan Jambi sebagai salah satu tujuan wisata saat mengunjungi pulau Sumatera. Hingga kini sudah banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi bahkan pada saat libur panjang sekalipun. Berikut ini ada 10 wisata andalan provinsi Jambi yang patut diperhitungkan, seperti:

1. Danau Sipin

Danau Sipin
sumber : @_rizkyut

 

Perjalanan wisata kamu di Jambi bisa dimulai dengan mengunjungi Danau Sipin. Warga lokal di sekitar danau ini sering menyebut dengan Solok Sipin. Solok dalam bahasa daerah Jambi memiliki arti Danau. Tempat ini dianggap sebagai tujuan wisata dengan pemandangan yang indah dah eksotis. Hal ini dikarenakan suasana di sekitar danau memang sangat sejuk dan nyaman.

Danau ini juga menjadi salah satu pendukung mata pencaharian warga lokal sebagai nelayan. Kamu bisa melihat beberapa keramba ikan milik para nelayan. Selain itu, sekitar dari danau juga dibangun rumah panggung yang berfungsi sebagai tempat tinggal para nelayan. Kamu bisa menikmati pengalaman wisata di danau ini dengan menyewa perahu para nelayan untuk mengelilingi danau.

Lokasi Danau Sipin: Kecamatan Telanai Pura, kota Jambi.

 

2. Gentala Arasy

Gentala Arasy
sumber : @nela.ps

 

Tempat wisata ini merupakan salah satu museum yang sangat terkenal di Kota Jambi. Gentala Arasy merupakan museum budaya yang juga sebagai salah satu symbol perkembangan Islam di Jambi. Kamu bisa melihat berbagai koleksi di museum ini yang menceritakan perjalanan penyebaran Islam di Jambi.

Seluruh koleksi yang ada di museum ini berasal dari peminjaman, pembelian hingga hibah dari para ulama. Sekitar museum ini juga terdapat jembatan Gentala Arasy. Banyak juga warga lokal yang menjadikan jembatan ini sebagai symbol dari kota Jambi karena berdiri dengan sangat megah.

Lokasi: Pelayangan , pusat kota Jambi.

 

3. Candi Muara Jambi

Wisata Candi Muara Jambi
sumber : kompaswisata.com

 

Salah satu dari tujuan wisata andalan provinsi Jambi yang bisa kamu kunjungi adalah Candi Muara Jambi. Ini merupakan kompleks bangunan atau tempat ibadah yang digunakan para pemeluk Buddha dan Hindu. Kompleks candi ini memiliki lahan yang sangat luas. Bahkan, Unesco menjadikan cagar budaya ini sebagai salah satu kompleks candi paling luas yang berada di kawasan Asia Tenggara. Lokasi dari kompleks ini berada sekitar 26 KM dari arah timur pusat kota Jambi.

Hingga kini sudah sekitar 9 bangunan candi yang telah dipugar. Hal ini menjadikan Candi Muara Jambi sebagai kompleks situs budaya yang paling terawat di pulau Sumatera. Kamu bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai tujuan utama untuk menghabiskan waktu libur. Apalagi sekitar dari peninggalan bangunan bersejarah ini juga terdapat banyak arca dengan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Lokasi Candi Muara Jambi: Desa Muara Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

 

4. Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing
sumber : @sakinah3781

 

Bila kamu memiliki waktu libur yang cukup panjang cobalah kunjungi Air Terjun Sigerincing. Ini merupakan lokasi wisata alam yang terkenal bagi warga lokal dan para pengunjung luar kota. Pada musim tertentu, debit di air terjun ini sangat melimpah sehingga kamu bisa mendengar gemuruh yang sangat mengesankan.

Suasana di sekitar dari air terjun ini juga sangat alami dengan berbagai ukuran batu. Mungkin kamu bisa mendapatkan latar belakang foto menari di air terjun ini.

Lokasi Air terjun Sigerincing: Lembah Masurai, Jambi.

 

5. Geopark Merangin

Geopark Merangin
sumber : @adiptr28

 

Kamu memiliki kesempatan untuk menikmati situs peninggalan purba tertua di dunia dengan mengunjungi Geopark Merangin. Tempat wisata ini memiliki banyak koleksi yang berupa fosil dari akar, hewan, kayu dan lainnya. Bahkan, sebagian dari fosil itu sudah berusia sekitar 300 juta tahun.

Geopark ini termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci. Kamu bisa menemukan seluruh fosil di sepanjang sungai Mengkarang dan sungai Batang Merangin. Seluruh fosil yang berada di Geopark ini merupakan bagian dari sejarah meletusnya gunung berapi yang ada di Taman Nasional Kerinci.

Lokasi Geopark Merangin: Dusun Tuo, Lembah Masurai, Kabupaten Merangin.

 

6. Telago Biru

Telago Biru
sumber : kompaswisata.com

 

Objek wisata yang bisa kamu nikmati selama berada di Jambi adalah Telago Biru. Salah satu tujuan wisata ini berada di kabupaten Merangin. Kamu bisa menjangkau lokasi ini dengan menggunakan mobil dari pusat kota Jambi. Suasana yang ditawarkan di tempat ini tentu saja danau kecil seperti telaga dengan pesona air yang sangat biru tajam.

Lokasi Telago Biru: Tanjung Alam di Kabupaten Merangin.

 

7. Air Terjun Arai Indah

Air Terjun Arai Indah
sumber : @ande.jepey

 

Rekomendasi lain dari tempat wisata alam di Jambi adalah Air Terjun Arai Indah atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Nyarai. Tempat wisata ini menjadi favorit dari banyak pengunjung baik itu warga lokal atau luar daerah. Lokasi yang tidak terlalu dari pusat kota membuat air terjun ini cukup mudah untuk dijangkau. Selain itu, akses menuju air terjun ini juga baik. Suasana di sekitar air terjun memang sangat asri.

Kamu bisa menikmati pesona vegetasi yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, bila kamu beruntung akan mendengar suara air terjun yang sangat indah. Sebagian pengunjung juga menjadikan latar dari air terjun sebagai latar foto untuk sosial media.

Lokasi Air terjun Arai Indah: Mukai Pintu, Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi

 

8. Danau Kaco

Danau Kaco
sumber : @danau_kaco_lempur_kerinci

 

Jambi juga memiliki situs warisan UNESCO di Danau Kaco. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Kerinci dengan pesona alam yang sangat mengesankan. Hal ini dikarenakan pada waktu tertentu, Danau Kaco mengeluarkan cahaya yang sangat unik. Apalagi pada saat bulan purnama, danau ini akan memantukan cahaya yang lebih terang. Luas danau ini mencapai 90 meter persegi.

Lokasi Danau Kaco: Dusun Baru Lempur, Kerinci, Jambi.

 

9. Kayu Aro

Kayu Aro
sumber : @bellafebriza

 

Tempat wisata ini masih berada di sekitar gunung Kerinci. Kayu Aro merupakan lahan yang sangat luas dan diperuntukkan bagi perkebunan Teh. Perkebunan ini dianggap sebagai salah satu paling tua di Indonesia. Pemandangan yang sangat indah akan kamu rasakan sambil menikmati udara yang sangat sejuk. Waktu terbaik untuk mengunjungi kebun teh Kayu Aro adalah pagi hari.

Lokasi: Kecamatan Kayu Aro, Jambi

 

10. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci
sumber : @kerinciparadise

 

Ini merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal hingga luar Jambi. Gunung Kerinci juga termasuk dalam bagian gunung berapi dengan puncak yang sangat tinggi di Indonesiayang mencapai 3805 mdpl. Hal ini yang membuat banyak pengunjung luar daerah mengunjungi gunung Kerinci untuk mendaki atau sekedar berkemah.

Salah satu pesona dari gunung Kerinci adalah mengejar sunrise atau matahari terbit. Bila kamu memutuskan untuk mendaki di gunung Kerinci sebaiknya persiapkan segala sesuatu. Apalagi gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia.

Lokasi Gunung Kerinci: perbatasan Provinsi Jambi dengan Sumatera Barat.

Bagikan :