Indovel.com – Secara geografis, Bangka Belitung merupakan satu diantara beberapa provinsi yang ada di pulau Sumatera. Letak yang sangat strategis dari provinsi ini juga didukung dengan gabungan pulau Bangka dan Belitung. Pada awalnya, provinsi Bangka Belitung merupakan bagian dari Sumatera Selatan. Namun, terjadi pemekaran pada tahun 2000 yang membuat Bangka Belitung menjadi provinsi sendiri. Pengembangan provinsi ini terus dilakukan termasuk dengan meningkatkan potensi pariwisata. Apalagi ada banyak rekomendasi wisata andalan provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bisa kamu kunjungi.

Karakteristik dari provinsi Bangka Belitung tentu saja berbentuk kepulauan. Ada beberapa pulau besar dan juga kecil. Ini yang menjadikan kamu bisa mendapatkan pengalaman wisata alam yang menarik di Bangka Belitung. Berikut ini ada 10 wisata andalan provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menarik perhatian seperti:

 

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas
sumber : @nurilham96

 

Pulau Lengkuas merupakan salah satu dari beberapa wisata andalan provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang cukup terkenal bagi wisatawan lokal. Pulau Lengkuas menjadi bagian dari pulau yang terletak di sekitar Pulau Belitung. Kamu akan membutuhkan waktu hingga setengah jam untuk mengunjungi objek wisata ini dari pusat kota menggunakan perahu nelayan.

Salah satu landmark yang paling terkenal dari pulau ini adalah mercusuar yang dibangun sekitar tahun 1882. Kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan di pulau ini dengan snorkeling, diving dan lainnya. Jangan khawatir karena kondisi air laut disekitar pulau ini masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Bagian utara dari wilayah Pantai Tanjung Kelayang di Pulau Belitung.

 

2. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai
sumber : @tri_fitrika

 

Rekomendasi lain dari tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi di provinsi Bangka Belitung adalah Pulau Ketawai. Pulau ini termasuk dari gugusan pulau yang ada di pulau Bangka. Lokasi dari pulau ini terletak di bagian tengah dari pulau Bangka.

Kamu harus tahu bahwa pulau Ketawai ini tidak memiliki penghuni atau warga lokal. Namun, pulau ini memiliki penjaga yang bertugas sekaligus menjaga kelestarian dari pulau ini. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berada di tempat ini. Beberapa diantaranya seperti camping, menikmati sunset hingga snorkeling.

Lokasi: Kurau di Bangka Tengah.

 

3. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci
sumber : @jovijascin

 

Objek wisata ini berfungsi sebagai penangkaran dan konservasi hewan laut penyu. Sebenarnya fungsi utama dari pulau Tongaci sebagai wadah edukasi dan rekreasi yang diberikan kepada warga sekitar hingga pengunjung atau wisatawan.

Kondisi pasir pantai yang masih sangat bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bahkan bila kamu beruntung, kamu juga bisa menikmati pengalaman naik lokomotiv klasik disini.

Lokasi: Kampung Pasir di Kabupaten Bangka.

 

4. Pantai Tikus

Pantai Tikus
sumber : @l_aaziz

 

Kamu tidak perlu khawatir karena Pantai Tikus bukan berarti memiliki banyak hewan pengeratnya. Pantai ini memiliki julukan sebagai Pantai Tikus karena dulu kerap digunakan sebagai tempat bagi para penambang timah untuk mengirimkan hasil tambang. Hal ini juga yang membuat kamu akan melihat secara jelas banyak jelan setapak yang saling terhubung.

Pantai ini memiliki vihara yang juga menjadi daya tarik wisatawan. Hingga kini sudah banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pemandangan indah di Pantai Tikus hingga melakukan kegiatan snorkeling.

Lokasi: Parit Padang di Kabupaten Bangka.

 

5. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri
sumber : @shelia.atmacitra

 

Pantai Parai Tenggiri merupakan pilihan lain dari wisata andalan yang ada di provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Parai Tenggiri memiliki keunikan yang sangat berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya. Kamu bisa melihat di salah satu sudut dari pantai ini memiliki banyak batu karang dengan berbagai ukuran.

Pola hingga gugusan dari masing-masing batu karang itu juga akan memberikan suasana yang sangat menyenangkan. Bahkan, bila kamu beruntung biasanya melihat secara langsung deburan ombak yang bertabrakan dengan batu karang tersebut. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berada di pantai ini.

Beberapa kegiatan itu seperti memancing, berburu sunset, menelusuri pinggir pantai dan masih banyak lainnya. Pengelola dari pantai ini juga menawarkan berbagai fasilitas umum lain yang memang dibutuhkan.

Lokasi: Desa Sinar Baru di Kabupaten Bangka.

 

6. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi
sumber : @candyceongty

 

Objek wisata berikutnya merupakan salah satu tujuan wisata yang berada sekitar 7 KM dari pusat kota Pangkal Pinang. Salah satu keunikan yang dimiliki pantai ini tentu saja pasir yang sangat lembut dan kondisi sekitar pantai yang bersih. Air laut yang berada di pinggir pantai juga cukup jernih. Momen ini yang sering digunakan para pengunjung untuk melakukan kegiatan menyelam.

Kontur dan tekstur dari sebagian besar pasir di pantai ini memang hampir mirip dengan pasir timah. Ini juga yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati suasana di sekitar pantai. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan menarik untuk menghabiskan waktu liburan saat mengunjungi tempat ini.

Lokasi: Jalan Pantai Pasir Padi di Pangkal Pinang.

 

7. Pantai Matras

Pantai Matras
sumber : @nona_rossalinda

 

Sebagian besar dari warga lokal yang ada di pulau Bangka sering menjadikan Pantai Matras sebagai tempat favorit untuk berlibur. Pantai yang terletak di bagian timur dari Pulau Bangka ini menyajikan pesona wisata alam yang tidak kalah menarik dengan pulau lainnya.

Kamu bisa menelusuri pinggir pantai sambil melihat deburan ombak. Selain itu, ada juga berbagai granit yang memiliki kontur unik. Hal yang menakjubkan lagi adalah sekitar pantai ini terdapat sungai air tawar. Kondisi ini yang sering dijadikan para pengunjung untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Lokasi: Desa Sinar Baru di Kabupaten Bangka.

 

8. Danau Kaolin

Danau Kaolin
sumber : @pegipegibelitong

 

Bangka Belitung dulu memang dikenal dengan kekayaan mineral seperti timah dan Kaolin. Eksploitasi tambang yang dilakukan secara berlebihan meninggalkan bekas yang cukup besar di lokasi tertentu. Ini yang terjadi pada danau Kaolin dengan kondisi air yang biru menyala sangat terang.

Tentu saja warna dari air danau itu sangat berbeda dibandingkan dengan sekitar lokasi yang putih mencolok. Kandungan Kaolin di air danau ini memang sangat tinggi. Kamu harus memperhatikan peraturan yang dipajang di sekitar danau untuk tidak berdekatan langsung ke danau ini.

Lokasi: Air Raya Tanjung Pandan di kawasan Pulau Belitung.

 

9. Danau Open Pit

Danau Open Pit
sumber : @antokenzie

 

Sama seperti danau Kaolin, Pulau Belitung juga memiliki danau yang juga menjadi saksi bisu dari ekplorasi tambang secara berlebihan. Danau ini memiliki air dengan warna biru yang sangat pekat. Namun, kondisi ini juga didukung dengan warna hijau yang berasal dari vegetasi di sekitar danau.

Kolaborasi warna ini yang membuat banyak pengunjung takjub. Tentu saja danau ini memiliki larangan bagi pengunjung untuk bersentuhan dengan air secara langsung. Salah satu kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan adalah berfoto.

Lokasi: Senyubuk, Kabupaten Belitung Timur.

 

10. Kampung Laskar Pelangi

Kampung Laskar Pelangi
sumber : @ririttriandini

 

Kampung Laskar Pelangi merupakan salah satu tujuan wisata di provinsi Bangka Belitung yang sangat populer. Kampung Laskar Pelangi ini terletak di desa Gantong. Kampung ini juga menjadi saksi dari pembuatan film Laskar Pelangi yang sangat terkenal pada masa itu.

Bila mengunjungi desa ini kamu bisa melihat replika dari sekolah dasar yang sering dijuluki dengan SD Laskar Pelangi. Kampung ini juga terdapat Batu Garuda yang berada di Pantai Tanjung Kelayang. Bila kamu mengunjungi Bangka Belitung tidak lengkap rasanya kalau belum menjenguk Kampung Laskar Pelangi.

Lokasi: Sijuk, Kabupaten Belitung.

 

Bila kamu punya referensi objek wisata lainnya yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, coba taruh dikolom komentar agar teman-teman lainnya dapat terbantu. Salam Pesona Indonesia !

Bagikan :